Usia Kelahiran Lebih Tua Dibandingkan Usia Pernikahan, Harus Bagaimana?

Suara.com – Buya Yahya menyampaikan caremah yang diunggah ke kenal YouTubenya. Dalam ceramah tersebut, terdapat pertanyaan tentang usia kelahiran lebih tua dibandingkan usia pernikahan, harus bagaimana? Begini penjelasannya.

Melansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Selasa (19/10/2021), Buya Yahya menjawab mengenai usia kelahiran lebih tua dibandingkan usia pernikahan. Adapun penjelasannya yaitu seperti berikut ini.

Dalam video ceramah Buya Yahya yang diunggah ke kanal YouTubenya, Buya Yahya mendapat pertanyaan seperti ini:

“Apa yang harus dilakukan orangtua, Buya, jika anak itu lahirnya jika dihitung dari hari pernikahan orangtuanya, waktunya seakan-akan dia sudah hamil sebelumnya? Apa yang harus dilakukan orangtua untuk menutup aib, Buya? Dan, apakah anak perlu bertanya jika ada kasus seperti itu?” Tanya pembawa acara.

Baca Juga:
Karunia dan Musibah bagi Ahli Iman, Buya Yahya Menjelaskan

Buya Yahya kemudian menjawab, “Anak tak perlu bertanya, karena artinya menuduh pada kedua orang tuanya”.

Kemudian, Buya Yahya menambahkan bahwa seorang anak yang bertanya pada orangtuanya mengenai perbedaan usia dirinya (sang anak) yang lebih tua dibandingkan dengan usia pernikahan orang tuanya, maka sang anak tersebut masuk dalam golongan suul adab.

Suul adab adalah sebutan untuk seseorang yang memilki perangai buruk. Oleh karena itu, jika orang tua tak menceritakan mengenai hal tersebut, maka sebaiknya anak tak harus menanyakannya. 

Dalam video ceramah tersebut, Buya Yahya menyarankan agar tak perlu menanyakan hal demikian kepada orang tuanya. Sang anak tak perlu was-was atau menaruh curiga apalagi sampai menuduh orang tua telah melakukan zina. 

Terlebih lagi jika sang anak menanyakan, apakah dirinya adalah anak sah. Buya Yahya juga menekankan jika pertanyaan semacam itu sebaiknya tak perlu ditanyakaan oleh sang anak. 

Baca Juga:
Niat Menikahi Janda untuk Membantu, Bolehkah? Ini Kata Buya Yahya

“Lalu, bagaimana menanamkan bahwa anak tersebut sah bukan dari perzinahan?” Tanya lagi pembawa acara kepada Buya Yahya.

  • «
  • 1
  • 2
  • »
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS