Red Flag! Waspadai 8 Tanda Pernikahan Sudah Tak Bisa Dipertahankan dan Terancam Kandas

Suara.com – Setiap hubungan pernikahan adalah unik. Namun, ada tanda-tanda peringatan umum dan bendera merah (bendera merah) yang bisa menunjukkan masalah serius dalam pernikahan Anda. Bahkan, ada beberapa tanda bahwa pernikahan sudah tidak bisa dipertahankan lagi.

Anda perlu berbicara secara terbuka, jujur, dan hormat dengan pasangan Anda tentang masalah dalam pernikahan Anda. Ini bisa menjadi percakapan yang sulit untuk dilakukan, tetapi tetap diperlukan untuk kebaikan bersama. Dilaporkan dari Pikiran sangat baik, Rabu (23/2/2022), berikut tanda-tanda pernikahan sudah tidak bisa dipertahankan lagi.

Tanda-tanda Pernikahan Sedang Bermasalah

Setiap hubungan akan mengalami pasang surut, tetapi ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan lebih dekat untuk menentukan apakah itu adalah hasil dari hal-hal yang tidak berjalan baik dalam pernikahan Anda.

Baca juga:
3 Cara Menjaga Kemesraan pada Pasangan, Menjadi Cinta Sejati

Ilustrasi pasangan berantem (Unsplash/Afif Kusuma)

1. Kalian Selalu Saling Mengkritik

Tentu saja, sedikit kritik yang membangun bisa menjadi hal yang baik untuk sebuah hubungan pernikahan. Tetapi jika Anda lebih banyak melontarkan kritik daripada pujian, Anda akan berada dalam masalah. Dalam pernikahan, interaksi positif diperlukan untuk melawan interaksi negatif apa pun untuk menjaga hubungan yang baik.

2. Anda Tidak Berhubungan Seks Lagi

Setiap orang memiliki pasang surut di kamar tidur. Jika Anda berdua cukup sehat secara fisik untuk berhubungan seks, tetapi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tidak memenuhi kebutuhan biologis satu sama lain, itu masalah besar. Kurangnya keintiman emosional atau romansa, mungkin menjadi masalahnya.

Seks mungkin bukan segalanya, tetapi itu adalah bagian penting dari hubungan romantis yang sehat. Di dalam Psikologi Sosial dan Ilmu Kepribadian Pada tahun 2015, disebutkan bahwa rata-rata pasangan bahagia melakukan hubungan seks seminggu sekali.

Baca juga:
4 Tips Memilih Partner yang Tepat Untuk Anda, Jangan Takut Ditolak!

3. Anda Memiliki Argumen Yang Sama Berulang Kali

Pertengkaran terjadi di setiap pernikahan, bahkan dalam hubungan yang sehat. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang berdebat secara efektif 10 kali lebih mungkin untuk memiliki hubungan yang bahagia daripada mereka yang menyembunyikan masalah yang sulit.

Tetapi jika waktu bersama Anda terganggu oleh argumen tentang masalah yang sama berulang kali, itu bukan pertanda baik. Setelah beberapa saat, Anda mungkin mulai menghindari satu sama lain karena takut memicu pertengkaran lagi.

4. Anda Tidak Berdebat Lagi

Bertentangan dengan poin sebelumnya, kurangnya pertengkaran juga bisa menandakan masalah besar dalam pernikahan. Mungkin melegakan jika hubungan Anda yang berkonflik tinggi tiba-tiba berubah menjadi hubungan yang tidak berkonflik. Nah, jika pertarungan sehat sudah berhenti, bisa jadi itu pertanda salah satu pihak atau Anda berdua sudah menyerah.

Tentu saja, banyak berdebat itu mengkhawatirkan. Namun, tidak berdebat sama sekali dapat berarti bahwa tidak satu pun dari Anda berpikir ada sesuatu yang layak diperjuangkan dalam komitmen seumur hidup. Ingat, lawan dari cinta bukanlah kebencian, tetapi ketidakpedulian.

Ilustrasi pasangan bertengkar.  (pexels.com/Polina Zimmerman)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (pexels.com/Polina Zimmerman)

5. Anda Tidak Menikmati Menghabiskan Waktu Bersama

bendera merah Di sisi lain, Anda menemukan bahwa Anda lebih suka menghabiskan waktu dengan siapa pun kecuali pasangan Anda, seperti sahabat. Menghabiskan waktu terpisah itu sehat untuk hubungan Anda, tetapi jika Anda terus-menerus membuat alasan untuk menghabiskan seluruh waktu luang Anda, itu mungkin pertanda pernikahan tidak dapat dipertahankan.

6. Anda Mulai Menjaga Rahasia

Sangat normal dan wajar jika Anda ingin menyimpan beberapa hal hanya untuk diri sendiri. Namun, dengan sengaja menyimpan terlalu banyak rahasia dari pasangan Anda bisa menjadi tanda peringatan yang jelas bahwa hubungan Anda mungkin akan berakhir.

Perlu dipahami, menyimpan terlalu banyak rahasia justru bisa menanam benih ketidakpercayaan dalam suatu hubungan. Sekali kepercayaan rusak, sulit untuk diperbaiki.

7. Anda Berpikir Tentang Selingkuh

Itu normal untuk menemukan seseorang selain pasangan Anda untuk menjadi menarik dari waktu ke waktu, menurut pakar hubungan. Lagi pula, memasuki suatu hubungan tidak mematikan fungsi biologis normal Anda.

Apa yang tidak baik? Fantasi tentang bersama orang itu. Jika pikiran Anda terus-menerus ditempati oleh seseorang yang Anda anggap menarik selain pasangan Anda, Anda jelas kehilangan sesuatu dalam hubungan Anda saat ini.

8. Mereka Bukan Orang Pertama yang Anda Telepon

Dalam pernikahan yang sehat, Anda melihat pasangan Anda selalu memberikan dukungan emosional. Meskipun Anda dapat membagikan ini dengan keluarga dan teman juga, biasanya tidak pada tingkat yang sama dengan pasangan Anda.

Bagaimanapun, pasangan Anda adalah belahan jiwa Anda. Jika dia bukan orang pertama yang Anda hubungi saat Anda sedih atau senang, itu mungkin pertanda ada yang tidak beres dalam pernikahan Anda.

Ini adalah beberapa tanda bahwa pernikahan tidak dapat dipertahankan. Jika Anda merasa bahwa masalah dalam pernikahan Anda belum terselesaikan, inilah saatnya untuk meminta bantuan profesional. Jangan menunggu sampai pernikahan Anda selesai.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi