Gelar Pesta Pernikahan Mewah ala Sultan di Jabodetabek, Siap-siap Keluar Biaya Hingga Rp 3 Miliar!

Suara.com – Bagi sebagian orang, menikah hanya terjadi sekali seumur hidup. Maka tak heran pernikahan dilakukan semewah mungkin agar kedua mempelai merasa bak raja dan ratu dalam sehari.

Namun, pesta pernikahan mewah ala sultan tentu menghabiskan banyak biaya. Platform perencanaan pernikahan Weddingku mencatat bahwa biaya pesta resepsi mewah di hotel bintang 5 bisa mencapai Rp 3 miliar. Nominalnya berupa perhitungan dengan jumlah tamu 1.000 orang.

“Kita tangani dari sekitar Rp 200.000 per orang sampai Rp 3.000.000 per orang itu yang paling mewah. Artinya dikalikan saja, dari 3 juta kali jumlah tamu. Kalau 3 juta dikalikan 1.000 tamu yang hadir Artinya Rp 3 miliar,” kata rombongan CEO Weddingku Tono Rahardja ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Namun, nominalnya hanya mencakup lokasi dan dekorasi pesta serta makanan. Untuk vendor pernak pernik lainnya, kata Tono, biasanya wedding planner akan menggandakan biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan lain, seperti baju pengantin, rias wajah, undangan, souvenir, dokumentasi, hingga hiburan.

Baca juga:
Butuh Referensi dan Inspirasi Pesta Pernikahan? Ayo Kunjungi Pameran IIWF 2022

Ilustrasi pesta pernikahan. (Pexels/Soner Gorkem)

“Misalnya kita ada budget satu juta (per tamu), saya ajak 100 orang datang. Untuk makanan dan tempat jadi Rp 100 juta, lalu untuk gaun, make up, dan macam-macam dalam 2 kali lipat, jadi Harus selesai Rp 200 juta,” ujarnya.

Menurut Tono, biaya pernikahan sebenarnya cenderung lebih murah sejak pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan keterbatasan jumlah tamu yang bisa hadir secara langsung.

Namun jika dihitung per orang, sebenarnya biaya pernikahan mengalami kenaikan.

“Kita undang makan malam, anggarannya per orang. Misal 1 orang Rp 250 ribu, kalau saya undang 1.000 orang jadi Rp 250 juta. Tapi saat pandemi, jadi saya undang hanya 100 yang datang, itu hanya Rp 25. juta. Kita simpan. Yang 200 juta saja bisa dipindahtangankan ke orang lain, misalnya bajunya dihaluskan, jaketnya dihaluskan, sampai ke detail calon pengantinnya biar lebih mewah,” kata Tono.

Baca juga:
Staf Khusus Presiden Jokowi Nikah Beda Agama, Tolak Hadiah, Lakukan Kontrak dan Berkah