Dianggap Horor dan Mistis, Ternyata Ini 8 Manfaat Kembang Kantil untuk Kesehatan Tubuh

Suara.com – Kembang kantil umumnya digunakan pada acara pernikahan adat Jawa untuk hiasan sanggul dan keris, bahkan untuk ritual pemakaman. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat kembang kantil sebenarnya sangat beragam?

Karena penggunaan bunga satu ini yang terbatas pada acara atau tradisi adat, manfaat kembang kantil belum banyak didengar oleh kebanyakan orang. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang manfaat kembang kantil yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa itu Kembang Kantil?

Kantil atau cempaka putih merupakan tumbuhan yang memiliki bunga berwarna putih dan harum khas. Habitat kembang kantil berada di dataran rendah beriklim tropis dan subtropis hingga ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dengan suhu 20-26 derajat Celcius.

Baca Juga:
8 Bunga Tercantik di Dunia, Ada yang Warnanya Hitam Pekat

Kembang kantil. (Pixabay/Josch13)

Penyebaran bunga cempaka putih ini telah mencapai daratan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Tiongkok. Di Indonesia sendiri, bunga cempaka putih banyak dijumpai terutama di Pulau Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Kalimantan.

Manfaat Kembang Kantil untuk Kesehatan

Kembang kantil atau bunga cempaka putih diketahui mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya berkhasiat sebagai ekspektoran dan diuretik.

Selain itu, manfaat kembang kantil yang bagus untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut ini:

  1. Membantu menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Caranya, rebus kembang kantil dengan daun sirih dan dijadikan air untuk mandi
  2. Mengatasi dan mengobati masalah vertigo. Ambil 5-7 putung kembang kantil dan rebus air 500 ml. Minum selagi hangat
  3. Mengatasi perut kembung dan begah
  4. Membantu mengobati sinusitis
  5. Mengatasi gangguan pada dada
  6. Mengatasi masalah keputihan pada wanita, dengan dijadikan air bilasan
  7. Mengatasi radang saluran pernafasan, dengan meminum ramuan kembang kantil
  8. Mengobati batuk berdahak. Mengonsumsi ramuan kembang kantil yang dicampur jeruk nipis dan rempah-rempah seperti jahe.

Itulah beberapa manfaat kembang kantil untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah informasi tentang pengobatan herbal dan alami, khususnya berbahan kembang kantil. Walau demikian, agar lebih aman dan terpercaya, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter Anda.

Baca Juga:
Jenis Tanaman Media Air untuk Dekorasi Rumah yang Lebih Fresh dan Cantik

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS