12 Tips Diet Sehat untuk Calon Pengantin, Jangan Sampai Malah Tumbang di Hari Pernikahan

Suara.com – Bukan rahasia lagi, selama ini banyak calon pengantin yang melakukan diet agar tampil maksimal di hari pernikahannya. Hanya saja, cara diet yang salah justru bisa memicu masalah menjelang hari bahagia. Anda tidak ingin terjatuh di pesta pernikahan karena efek diet sebelum menikah, bukan?

Disusun dari berani, Senin (7/3/2022), berikut tips diet sehat yang bisa diterapkan pada calon pengantin. Ayo, lihat!

Minum banyak air

Minum air putih minimal 2-3 liter setiap hari. Selain itu, Anda bisa minum air lemon tanpa gula, air kelapa, mengonsumsi buah-buahan dengan kadar air tinggi, dan jus sayuran agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga:
Bantu Optimalkan Program Diet, Coba Konsumsi 5 Makanan Fermentasi Ini

Ilustrasi air minum.(Freepik/@azerbaijan_stockers)

Konsumsi karbohidrat kompleks

Pastikan piring Anda mengandung salad, protein, dan sayuran hijau. Juga, sertakan lentil seperti kacang merah atau buncis.

Konsumsi lemak sehat

Dapatkan lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Almond, walnut, biji chia, dan biji bunga matahari juga kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Sayur mentah

Baca juga:
Waspadai 7 Tanda Kelebihan Protein, Yuk Cek Lagi Menu Dietmu!

Siapkan salad dengan sayuran mentah seperti wortel, mentimun, dan tomat. Salad dapat dimakan dengan makanan lain atau secara terpisah. Konsumsi sayuran yang kaya antioksidan akan memberikan perlindungan terhadap radikal bebas.

Sayuran berdaun hijau

Konsumsi sayuran berdaun hijau yang mengandung antioksidan juga baik untuk melengkapi menu diet sehat menjelang hari pernikahan.

Makan buah di pagi hari

Anda dianjurkan untuk makan buah segera setelah bangun tidur. Anda juga disarankan untuk makan buah di antara waktu makan.

Camilan sehat

Beberapa jajanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah kacang almond dan kacang mete tawar, buah, jus segar, atau air kelapa.

Ilustrasi kantong kertas/stroberi (Pixabay/Momentmal)
Ilustrasi buah stroberi (Pixabay/Momentmal)

Makanan untuk kulit glowing

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu membuat kulit tampak lebih bercahaya, di antaranya buah bit, tomat, stroberi, delima, dan almond.

Tidak perlu bereksperimen

Jaga makanan Anda sesederhana mungkin. Hindari bereksperimen dengan makanan baru.

Perhatikan makanan penutup

Jadikan makanan penutup sebagai makanan mini terpisah dan sebaiknya hanya di pagi hari. Hindari makan permen setelah setiap makan berat di waktu lain.

Aktivitas fisik

Anda dapat pergi ke pusat kebugaran. Jika tidak, Anda juga bisa melakukan jogging atau jalan cepat. Selain menyehatkan, aktivitas fisik juga dapat membantu menghilangkan stres.

Mandi air garam

Jika Anda ingin mengendurkan otot-otot Anda, Anda mungkin ingin mencoba mandi dengan air yang telah dicampur dengan garam magnesium.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu tidur yang cukup. Namun, tidur yang cukup dan berkualitas itu penting, termasuk ketika Anda sedang sibuk mempersiapkan pernikahan Anda.